ABB Bebas, Tak ada lagi Wajib Lapor Kondisi ABB Sehat

  • Whatsapp

WartaBogor.com- Abu Bakar Ba’asyir dinyatakan bebas murni setelah menjalani masa tahanan selama 15 tahun, tidak ada lagi kewajiban wajib lapor.

Tak ada pengawalan khusus saat Abu Bakar Ba’syir bebas. Penjemputan sendiri hanya dihadiri keluarga dan tim pengacara guna menghindari kerumunan orang.

Read More

“Abu Bakar Ba’asyir pada hari ini (8/1/2021) sudah dibebaskan setelah menjalani putusan pidana 15 tahun, dan keluar dari lapas sekitar pukul 05:30 WIB,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Rika Aprianti.

Rika juga menjelaskan, Abu Bakar Ba’asyir dijemput pengacara dan keluarga setelah serah terimakan. Selanjutnya keluarga langsung bertolak ke Sukoharjo didampingi oleh BNPT dan Densus 88.

“Abu Bakar Ba’asyir bebas murni dan tidak wajib lapor. Selanjutnya ada tindaklanjut dari pihak terkait, karena kewenangan kami hanya sampai gerbang ke luar,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, pelaksanaan pembebasan Abu Bakar Ba’asyir dilakukan secara prokes ketat. Dari hasil tes rapid antigen, Abu Bakar Ba’asyir dan keluarga negatif.

“Total sekitar ada empat sampai enam orang dari keluarga dan tim pengacara yang menjemput tadi pagi,” tuturnya.

Ketika ditanyai kesehatannya, Rika menyebutkan bahwa Abu Bakar Ba’asyir dalam kondisi sehat, dan dengan pertimbangan masa pandemi, keluarga meminta lebih pagi proses pemulangannya.

“Kita sudah berkoordinasi baik polres, polsek, Densus 88 dan BNPT sampai BAIS juga, karena hal ini antisipasi supaya tidak ada gangguan kerumunan,” tutupnya.

Dia menjelaskan perjalanan ABB menuju kediaman di Sukohardjo, selain didampingi keluarga dan tim pengacara, juga dilakukan pengawalan oleh Densus 88 dan BNPT.

Menurutnya Kegiatan pembebasan berjalan dengan aman dan lancar. “Jadi tanggung jawab kami hanya sampai pintu gerbang, selepas itu sudah jadi tanggung jawab mereka. Pengawalan oleh densus 88,” jelas Mujiarto.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *