Keren! HMI Cabang Bogor Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Hortikultura

  • Whatsapp
banner 468x60

WartaBogor.com – HMI Cabang Bogor menyelenggarakan “pelatihan budidaya tanaman hortikultura” di Desa Pamijahan kabupaten Bogor,Kegiatan ini Di akomodir oleh Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) yang bersinergi dengan Bidang Lingkungan Hidup (LH) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bogor.

Kami melihat di desa pamijahan ini memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pertanian, namun dalam segi pengelolaan masih minim sekali.

Read More

banner 300250

Selain itu pengetahuan masayarakat yang masih berfikir bahwa bertani itu kolot capek, dan cara pengelolaannya tradisional yang menjadi penguat kami dalan menyelenggarakan pelatihan ini. Ucap hendy sujana ketua bidang partisipasi pembangunan daera hmi cabang bogor

Dalam pelatihan ini, kami dari hmi cabang bogor khususnya bidang ppd dan lh mengedukasi kemasyarakat bahwa bertani itu meenyenangkan dan tidak kolot.

Karena kalau kita memakai teknologi dan pengelolaannya se krearif mungkin menjadikan bertani itu menyenangkan dan menghasilkan.

Pemateri dalam pelatihan ini adalah bapak sujino pamungkas SP yang merupakan alumni IPB dan selama 10 tahun terakhir ini memang fokus di budidaya hortikultura.

Pemateri mamaparkan dan memberikan edukasi kepada pemuda karangtaruna bagaiman konsep bertani yang teknologi sederhana, kreatif, mudh dilakukan, menghasilkan, serta bermanfaat untuk diri kita sendiri dan masyarakat.

Bapak kepala desa pamijahan, kusnadi menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan pelatihan ini sangat di dukung penuh, karena memang fokus pembangunan dari desa hari ini pada 3 sektor, salah satunya adalah bidang pertanian.

Begitu juga yg di sampaikan oleh ketua karang taruna  mandiri desa pamijahan kang idris, bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami selaku kaum muda desa pamijahan, dan kedepan pemuda desa pamijahan bukan saja mendapatkan pelatihan, namun bisa mempraktekkan secara langsung dilapangan untuk melatih pemuda karangtaruna dalam mandiri pangan.

Pada kesempatan yg sama ketua umum hmi cabang bogor, hadi menyampaikan bahwa di momen hari sumpah pemuda ini, anak2 muda harus bisa menjadi penopang negara, khususnya di bidang pertanian.

Ditambah ditengah pandemi ini gerakan pemuda sangat dibutuhkan untuk bergerak dibidang pertanian, supaya keinginan negara menjadi negara mandiri pangan bisa terwujud.

Sementara menurut Wildan TA Badawi selaku Departemen Bidang LH menyampaikan “Kegiatan ini juga merupakan upaya daripada bidang Lingkungan Hidup dalam mengupayakan pengoptimalan lahan tidur yang ada di desa Pamijahan supaya lebih termanfaatkan dengan baik, khususnya melalui peran pemuda agar lebih melek akan wawasan lingkungan dan potensi sumberdaya desa.”

Ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh hmi cabang bogor dalam pengabdiannya kepada masyarat untuk menciptakan desa mandiri pangan dan menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang berangkat dari desa.

Kedepan pemuda karang taruna desa pamijahan kami harap menjadi pergerak dan role model bagi para pemuda lainnya khususnya di kabupaaten bogor untuk bergerak di bidang pertanian.

Antusianme dan semangat para pemuda desa yang begitu besar merupakan  suatu modal dan energi positif yang harus kita lihat dan resapi dengan sebaik mungkin, baik dari hmi sendiri maupun dari pemerintah terkait.

Kami yakin cita2 negara yang menginginkan indonesia menjadi negara mandiri pangan dan khususnya kabupaten bogor yang dimasa pandemi ini ingin mewujudkan kemandirian ekonomi  akan terwujud jika dilakukan  dan dimulai dari desa.

“Melihat  antusias peserta dalam mengikuti kegiatan ini,kami berharap pemuda Karang Taruna kedepannya bisa lebih fokus mengembangkan potensi desa dalam sektor pertanian sehingga dapat menopang pertumbuhan ekonomi desa dimasa pandemi covid-19 dan perlunya sentuhan serta dukungaan dari pemerintah daerah untuk mewujudkan desa mandiri pangan “ungkap Hendi.

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *