Petugas Dishub Kota Bogor Positif Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi/Shutterstock
banner 468x60

WartaBogor.com – Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Bogor bertambah 16 orang dalam sehari. Bahkan 10 diantaranya diketahui sebagai petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota bogor Dedie A. Rachim, Senin (26/10/2020).

Read More

banner 300250

Dengan demikian, kata Dedie, total kasus positif Covid-19 di Kota Bogor hingga hari ini sebanyak 1.925 orang, dengan rincian masih sakit 325 orang, selesai isolasi/sembuh 1.534 orang dan meninggal 66 orang.

“Untuk kasus baru yang 10 orang petugas Dishub Kota Bogor itu berdasarkan hasil swab test. Bahkan 2 orang anggota keluarga petugas tersebut yang positif,” kata Dedie.

Pihaknya menyebutkan para petugas ini diduga tertular dari klaster demo omnibus law Undang-undang Cipta Kerja di Kota Bogor beberapa waktu lalu.

“Kita ketahui 10 petugas Dishub Kota Bogor positif berawal dari satu orang petugas yang mengalami gejala usai beberapa hari mengamankan aksi demo di lapangan. Lalu dilakukan tes swab dan didapatkan hasil positif, sehingga beberapa petugas di swab dan 10 orang positif,” katanya.

Ia mengungkapkan hingga saat ini pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor terus melakukan upaya tracing.

“Saat ini yang 10 ditambah 2 anggota keluarganya sedang menjalani karantina di BNN Lido, Kabupaten Bogor,” katanya.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Bogor, Eko Prabowo saat dikonfirmasi menjelaskan 10 petugasnya itu diduga tertular saat proses pengamanan unjuk rasa di titik atau lokasi Pos Lalu Lintas (Lalin) Bogor Trade Mall (BTM).

“Mereka tertular dari rangkaian demo di Kota Bogor. Pasca pengamanan rangkaian demo, terakhir yang bersangkutan tugas tanggal 20 Oktober. Tanggal 21 swab mandiri karena kondisi badannya makin drop, tanggal 22 hasilnya keluar positif” jelasnya.

Setelah diketahui positif itu, pihaknya mendapatkan hasil tracking pada 23 Oktober. Bahwa anggota yang kontak erat di Pos BTM dilakukan swab 24 orang.

“Didapat hasil hari Sabtu siang, 9 personil Dishub positif plus satu keluarga personil positif. Ada total 183 orang yang hari ini kita swab,” terangnya.

Kemudian pada hari Minggu kemarin, semua yang positif hasil koordinasi dengan gugus tugas, pihaknya melakukan evakuasi petugas yang positif itu ke Lido untuk isolasi mandiri di sana. Tadi pagi, lanjut dia, untuk antisipasi tracing juga, 177 personil Dishub dan enam orang anggota keluarga personel Dishub diswab.

“Pasca-swab semua personil lapangan isolasi mandiri, khususnya bidang pengendalian dan ketertiban,” pungkasnya. (beritasatu)

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *